Panjangnya adalah 250 sampai 400mm dan sering terlihat di kotoran babi. Cacing betina sangat produktif menghasilkan 0,5-1.000.000 telur per hari dan ini akan bertahan di luar babi selama bertahun-tahun. Mereka tahan terhadap pengeringan dan pembekuan tetapi sinar matahari membunuh mereka dalam beberapa minggu. Ini adalah parasit yang umum ditemukan di seluruh dunia.

The ascaris suum worm

Gambar penampakan Ascaris suum

Siklus hidup

Dibutuhkan 2-8 minggu untuk larva untuk mengembangkan di dalam telur dan menjadi infektif. Setelah menetas telur konsumsi dalam usus, larva yang bermigrasi melalui dinding dan melalui darah masukkan hati. Mereka kemudian bermigrasi melalui hati ke paru-paru, akhirnya mencapai trakea mana mereka membatukkan, menelan ludah dan kembali ke usus kecil untuk berkembang menjadi telur dewasa. Siklus dari produksi telur selesai dalam waktu dua bulan.

siklus hidup dari cacing ascaris suum

Tanda-tanda klinis

Cacing dalam usus menyerap makanan dan mengganggu pencernaan. Sebagai larva bermigrasi melalui hati, kerusakan hati (tempat susu) menyebabkankerusakan, untuk menyembuhkan luka hati dalam 5-6 minggu. migrasi larva berat melalui paru-paru menyebabkan batuk dan radang paru-paru dan dapat mengaktifkan laten penyakit pernafasan. Kedua tingkat pertumbuhan dan efisiensi pakan dapat tertekan oleh hingga 10%.

Diagnosa

Ditegaskan oleh adanya telur dalam tinja dan bukti kerusakan hati (milk spot) pada saat penyembelihan.

Telur: Oval 50 – 70 dari 40-50 μm. Tebal dikupas, lapisan luar proyeksi telah menonjol. Warna adalah kuning – warna coklat.

telur cacing ascaris suum pada babi

Tanda-tanda Klinis

Babi yang tertular Ascaris suum

babi yang terinfeksi ascaris suum

Hati dari Babi terinfeksi Ascaris suum. Warna Putih “milk spot” adalah respon berserat ke larva yang bermigrasi melalui hati.

milk spot

hati babi terinfeksi ascaris suum